[Sharing] Mengetahui Signal Internet G, E, 3G, H


Atlanticsoft101 - Kali ini kami akan sharing tentang Signal yang ada di smartphone kalian, pasti kalian selama ini tidak tahu atau tidak paham apa sih simbol atau status bar signal yang ada di pojok kanan atas smartphone kalian (?) dan apa kegunaannya (?), serta berapa kecepatan yang dapat kita peroleh dari signal tersebut . Mari kita detailnya satu persatu .

Simbol yang pertama adalah G atau bisa disebut GPRS ( General Packet Radio Service ). GPRS adalah koneksi internet yang paling rendah, kenapa? . Karena Teknologi GPRS adalah teknologi yang berkecepatan sekita 60-80 kbps ( kilobit per second ) saja. Di atas GPRS, ada EDGE ( Enhanced Data rates for GSM Evolution ) yang tentunya kecepatan internetnya lebih tinggi daripada GPRS, berapakah rata-rata kecepatan internet dari EDGE (?), kecepatan rata-ratanya adalah 3x nya kecepatan dari GPRS, pasti kalian tau hasilnya :D .

Simbol yang kedua adalah 3G, pasti dibenak kalian terfikirkan bahwa 3G itu adalah 3 GPRS. Jawabannya, Bukan, 3G ini singkatan dari 3rd (third)  generation atau generasi ketiga. Dalam teknologi seluler,GPRS adalah generasi ke dua (2G), sedangkan EDGE disebut sebagai 2.5G. Nah, dalam teknologi 3G ini memang menggunakan teknologi yang sangat baru, kecepatan yang dapat kita peroleh dari 3G bisa mencapai 2Mbps ( Megabit per second )! , Wahh... jauh sekali ya perbedaannya .

Simbol yang akan kita bahas terakhir adalah H, kecepatan yang paling tinggi di seluler, H merupakan kode dari HSPA ( High Speed Packet Access ) yang memiliki kecepatan download yang tinggi, kira-kira bisa sampai 14 Mbps, atau bisa lebih. Dan yang diatasnya H adalah HSPA+, yang dilambangkan H+. Ya, benar kecepatannya pasti diatasnya HSPA, jika smartphone atau handphone kamu memiliki jaringan tersebut, kalian bisa mendapatkan kecepatan internet sampai ratusan Mbps!, tetapi kecepatan tersebut tergantung operator seluler yang anda gunakan .

Nah, bagiamana? sekarang kalian pasti sudah tau, kegunaan dan berapa kecepatan yang dimiliki jaringan G,E,3G,H . jadi kalian memahami apa arti simbol signal tersebut, terima kasih sudah berkunjung diblog saya,
Sekian,

Semoga Bermanfaat :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »